Langsung ke konten utama

Mobil Terbaru ala Film Sci-Fi


Anda suka nonton film bergenre science fiction (sci-fi)? Jika ya, tentunya Anda sudah familiar dengan gambaran sebuah kota masa depan yang sangat sophisticated dengan sistem transportasi yang serba canggih, serta kendaraan dalam kota yang bisa melayang.

Bayangan akan transportasi futuristik ala film sci-fi itu bisa jadi tidak lama lagi menjadi sebuah kenyataan. Pasalnya, saat ini Airbus telah memperkenalkan konsep moda transportasi masa depan yang bisa beroperasi di jalur darat dan udara.

Konsep yang dinamai Pop.Up itu diluncurkan di sela-sela Geneva International Motor Show ke-87. Dalam merancang Pop.Up, perusahaan aeronautika yang berbasis di Prancis tersebut menggandeng Italdesign.

Pop.Up sendiri merupakan sistem transportasi modular yang bertenaga listrik dan tanpa emisi pertama yang didesain untuk mengatasi problema kemacetan lalu lintas di banyak kota besar dunia.

General Manager untuk Urban Air Mobility Airbus, Mathias Thomsen, memaparkan Pop.Up dirancang sesuai dengan sistem modular untuk transportasi lintas moda yang dapat memaksimalkan penggunaan jalur darat maupun udara.

Konsep ini adalah hasil refleksi bersama antara Italdesign dan Airbus dalam mencari cara paling mudah untuk menghadapi tantangan mobilitas di kota-kota besar,” ujarnya dalam siaran pers Airbus yang dilansir pertengahan pekan ini.

Menurutnya, para komuter di kota-kota besar seluruh dunia semakin didesak oleh masalah kemacetan lalu lintas yang kian parah. Apalagi, problema kemacetan itu diprediksi akan meningkat signifikan pada 2030.

Dari segi desain, Pop.Up dirancang dengan tiga lapis konsep. Pertama, konsep kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang—berdasarkan pengetahuan penggunanya—bisa mengelola kerumitan perjalanan dengan menawarkan alternatif skenario transportasi.

Kedua, konsep kendaraan berbentuk kapsul yang didesain untuk bisa dipasangkan dengan dua modul berbeda yang bertenaga listrik dan bersifat independen. Sarana transportasi lain (misal: kereta atau hyperloops) juga bisa diintegrasikan dengan kapsul Pop.Up.

Ketiga, konsep modul antarmuka yang bisa berkomunikasi dengan pengguna di lingkungan serba virtual.

Sebab, sistem Pop.Up ditujukan untuk ‘mengembalikan’ waktu kepada para komuter melalui sebuah cara baru bepergian yang lebih fleksibel, terintegrasi, adaptif, dan menempatkan penggunanya sebagai fokus utama,” sebut Mathias.

Dari segi teknologi, kendaraan Pop.Up mengkolaborasikan fleksibilitas dari kendaraan darat dua kursi berukuran kecil dengan kebebasan dan kecepatan dari kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal dari kendaraan udara. Teknologi itu sekaligus menjadi jembatan antara ranah otomotif dan kedirgantaraan.

Untuk mengoperasikan kendaraan futuristik tersebut, kata Mathias, penumpang cukup merencanakan dan memesan perjalanan mereka melalui sebuah aplikasi yang mudah digunakan.

Setelah itu, sistem akan secara otomatis menawarkan solusi transportasi terbaik berdasarkan pengetahuan pengguna, waktu, kondisi kemacetan lalu lintas, biaya, permintaan ridesharing, dan pilihan serta kebutuhan penumpang.

Kunci utama dari konsep ini adalah sebuah kapsul yang dirancang untuk mengakomodasi penumpang. Kapsul berbentuk kepompong itu dilengkapi teknologi tinggi dan dibalut serat karbon monocoque sepanjang 2,6 meter, tinggi 1,4 meter, dan leber 1,5 meter.”

Mathias menyatakan, kapsul tersebut juga dapat digunakan sebagai city car dengan memilih modul darat yang dilengkapi chassis berserat karbon dan bertenaga baterai. Saat kepadatan lalu lintas meningkat, kapsul akan berubah menjadi modul  udara.

 Modul udaranya sendiri berukuran 5 x 4,4 meter bertenaga delapan rotor yang berotasi berlawanan arah (counter rotating). Dalam konfigurasi tersebut, Pop.Up berubah menjadi kendaraan kota jalur udara bersistem kemudi mandiri.

Pengguna dapat berada dalam kapsul yang sama sepanjang perjalanan tanpa khawatir harus berpindah antarmoda transportasi, sehingga mereka bisa menikmati waktu di perjalanan dengan interaksi real time antara kapsul dengan lingkungan kota dan masyarakat sekitar.

Menariknya, setelah penumpang sampai di tujuan, modul udara dan darat beserta kapsulnya akan dengan sendirinya kembali ke stasiun pengisian ulang baterai untuk menunggu penumpang berikutnya.

Menambahkan dimensi ketiga pada sebuah jaringan transportasi lintas moda yang terintegrasi dengan mulus sudah pasti akan memperbaiki cara hidup kita dan bagaimana kita berpindah dari poin A ke B,” kata Mathias.

Menurutnya, konsep kendaraan masa depan tersebut sangat memungkinkan untuk beroperasi jika ada kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah untuk pembangunan infrastruktur dan kerangka peraturannya.

Sementara itu, CEO Italdesign Jörg Astalosch menambahkan konsep Pop.Up merupakan solusi untuk menjawab tantangan lalu lintas di masa depan, yang sudah tidak mampu lagi diatasi oleh kendaraan konvensional yang ada saat ini.

"Kini, mobil merupakan bagian dari ekosistem yang lebih luas. jika Anda ingin merancang kendaraan perkotaan masa depan, mobil tradisional tidak bisa berdiri sendiri sebagai solusi untuk kota-kota besar,” sebutnya.

Menurutnya, untuk membangun kendaraan futuristik, harus dipertimbangkan soal infrastruktur yang berkelanjutan dan cerdas, aplikasi, integrasi, sistem tenaga, perencanaan kota, serta aspek sosial.

Dia optimistis tidak lama lagi transportasi darat akan bergerak ke tingkat selanjutnya. “Dari bisa dinikmati bersama, teruhubung, dan otonom, kendaraan juga akan menuju sistem lintas moda dan berpindah ke dimensi ketiga.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal KTA dan Mudahnya Melakukan Pinjaman di Tunaiku

Berbicara tentang peminjaman uang pada jaman sekarang ini tidak akan lepas dari yang namanya kredit tanpa agunan atau yang sering disingkat dengan KTA, semakin banyaknya minat menggunakan pinjaman dengan KTA merupakan hal yang cukup wajar, karena calon nasabah tidak perlu menggadaikan atau mempersiapkan suatu aset untuk jaminannya, apalagi sekarang ini sudah muncul kta tanpa kartu kredit.

Ada berbagai kebutuhan yang bisa dipenuhi jika menggunakan KTA, misalnya seperti

Modal Usaha Tidak sedikit pengusaha yang menggunakan jasa ini untuk menambah modal usahanya dikarenakan kelebihannya yang tidak membutuhkan aset untuk peminjaman. Pastinya ini akan sangat cocok bagi Anda yang baru memulai usaha dan membutuhkan modal. Hanya saja satu hal yang perlu diingat, peminjaman dengan cara ini memiliki bunga tersendiri, jadi pastikan sebelumnya jika pendapatannya bisa untuk cicilan KTA setiap bulannya.

Sebagai Dana Darurat KTA juga memiliki kelebihan berupa pencairan dana yang lebih cepat dibandingkan p…

Tips Membuat Bioskop di Rumah

Jika Anda memiliki hobi untuk menonton film, apa salahnya mengubah ruangan di rumahAnda menjadi sebuah bioskop mini. Sehingga, ruangan tersebut dapat Anda gunakan untuk menonton film bersama dengan keluarga setelah beraktivitas seharian. Hal ini tentunya dapat mengurangi pengeluaran bulanan Anda bersama keluarga jika harus pergi ke bioskop yang bisa mencapai Angka Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per orang untuk tiap tiket bioskopnya. Akan lebih baik anda menginvestasikan uang anda untuk membuat bioskop pribadi rumah Anda. Selain menghemat, Anda juga dapat menonton film yang Anda sukai kapan pun Anda mau. Paling tidak, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membuat bioskop pribadi di rumah Anda. Berikut adalah tips membuat bioskop mini di rumah. Pilih Alat Elektronik Terbaik Agar mendapatkan suasana bioskop yang terbaik, Anda bisa memilih berbagai peralatan elektronik yang dibutuhkan yang memiliki kualitas terbaik. Belilah layar, proyektor, dan juga perlengkapan aud…

Macam Alergi Produk Susu, Gejala serta Penanganan Paling Tepat

Produk susu utamanya susu sapi yang banyak ditawarkan di beragam tempat jual susu bayi faktanya tak selalu kompatibel dengan masing-masing bayi ya. Ada beberapa bayi tertentu yang memiliki kecenderungan untuk menolak produk susu sapi tersebut lantaran banyak sebab. Berikut ini dua sebab paling sering terjadi kenapa bayi menolak susu sapi ya. Intoleransi Laktosa Nah ini penyebab utama kenapa bayi tak kompatibel dengan susu sapi dalam skala yang ringan dan tak begitu fatal namun tetap harus diberikan perhatian khusus ya. Laktosa sendiri merupakan jenis gula yang terdapat dalam susu mamalia yang kemudian akan diolah tubuh dengan bantuan enzim laktase. Laktosa tersebut akan berubah jadi glukosa atau galaktosa. Namun laktosa yang tak bisa diuraikan oleh tubuh justru akan membuat tanda negatif untuk bayi. Biasanya hal ini tersebab lantaran kurang berfungsi baiknya enzim laktase pada bayi newborn sehingga menyebabkan serangkaian gejala gangguan tak normal. ASI juga tak luput dari kandungan lakt…