Langsung ke konten utama

Cara Menata Rumah Selama Bulan Ramadhan


Tak terasa kita sudah bertemu lagi dengan Ramadan, bulan suci bagi umat Islam. Rasanya akan semakin afdol jika kita juga tata rumah untuk menyambut kedatangan bulan penuh barokah ini. Harapannya dengan rumah yang bersih dan rapih, ibadah puasa kita bersama keluarga berjalan khusyuk.

Desainer Interior Agam Riadi memiliki sejumlah catatan soal penantaan rumah untuk menyambut bulan puasa ini. Agam mengatakan, Ramadan merupakan bulan penuh ibadah sehingga penataan rumah harus sebisa mungkin dapat mendukung kegiatan tersebut.

Terkait hal itu maka penghuni harus mempersiapkan ruang khusus untuk salat. Sebab saat Ramadan intensitas ibadah seseorang cenderung akan meningkat dibanding hari biasanya.

Saat salat biasanya kita ada tradisi berjamaah. Apalagi kalau ada tamu penghuni bisa mengajaknya untuk salat berjamaah. Jadi disiapkan [penataan rumahnya itu sesuai] dengan nilai-nilai religi yang ada.

Selain salat berjamaah, umumnya masyarakat Indonesia biasa menggelar buka puasa bersama dengan keluarga atau mengajak kerabat-kerabatnya. Untuk itu penghuni rumah mesti juga menyediakan area khusus untuk berbuka puasa. Agam menyarankan area makan tersebut sebaiknya dibuat lesehan cukup dengan digelar karpet saja.

Makan sambil duduk di bawah [lantai] sudah jadi kebiasaan masyarakat. Kalau bisa pada bulan puasa ini kita tampilkan budaya khas Indonesia.

Agar semakin memudahkan tradisi buka puasa sambil lesehan itu, tutur Agam, maka furnitur-furniturnya sebaiknya yang praktis sehingga dapat diatur atau dipindahkan ketika hendak menggelar buka puasa bersama. Selain itu dia juga menganjurkan supaya lebih ke-Indonesiaan usai mengadakan buka puasa, penghuni dapat memberikan bingkisan besek kepada para tamu.

Sesudah buka puasa bersama, kalau bisa kita beri bingkisan kepada kerabat-kerabat pakai besek seperti orang pulang kenduri.

Di samping menyiapkan area makan dan salat, yang tak boleh diabaikan adalah soal kebersihan. Agam menuturkan penghuni mesti senantiasa menjaga kebersihan rumahnya. Mulai dari kebersihan kamar mandi, tempat salat, area makan, dan dapur. Rumah yang bersih akan memberi ketenangan bagi orang yang tinggal di dalamnya.

Selain memberikan kenyamanan bagi penghuni, para tamu yang datang juga akan merasa nyaman dan betah.

Untuk tambahan aksesoris rumah, disarankan oleh Agam baiknya menghadirkan rangkaian bunga di beberapa sudut ruangan sehingga memberikan kesan lebih asri. Sedangkan untuk warna hunian bisa juga mencoba penggunaan warna putih dan hijau. Lewat nuansa tersebut penataan rumah bisa sekaligus untuk menyambut Idul Fitri. Tambahan lainnya, penghuni bisa menampilkan hiasan-hiasan kaligrafi di area dinding agar memunculkan kesan keislaman pada hunian.

Mengenai menambah nuansa keislaman beberapa dinding kosong dapat diberi hiasan kaligrafi khususnya di area salat.

TRADISI

Saat Ramadan tiba, nuanasa Timur Tengah begitu kental dan mendominasi di mana-mana. Hal tersebut terlihat dari pusat-pusat perbelanjaan yang menghadirkan dekorasi-dekorasi ala Timur Tengah lengkap dengan replika-replika masjid dan unta di dalamnya. Padahal bisa ditampilkan dekorasi khas Islam Jawa seperti replika masjid berarsitektur Jawa atau beduk.

Tak menutup kemungkinan, para penghuni pun ikut menghadirkan dekorasi-dekorasi gaya Timur Tengah di dalam rumahnya. Di tengah latah gaya Timur Tengah ketika Ramadan, Agam mengingatkan, Indonesia sejatinya memiliki juga tradisi keislaman sendiri. Tradisi yang bercorak pada gaya kebudayaan Nusantara.

Kita punya tradisi keislaman sendiri, tidak harus tiba-tiba berubah jadi gaya Maroko ketika bulan Puasa. Pikirkan sesuatu yang kreatif khas Indonesia. Sehingga Ramadan ini sesuai dengan spirit menjaga keutuhan NKRI.

Jika ingin memunculkan nuansa tradisi keindonesiaan di dalam hunian maka dapat diaplikasikan pada beberapa elemen interior. Misalnya, meja makan menggunakan taplak bercorak batik. Atau hiasannya menggunakan janur khas Indonesia. Namun menurut Agam, penghuni dapat menyiasati hal tersebut dengan caranya sendiri disesuaikan dengan selera masing-masing.

Intinya munculkan lah sesuatu yang khas Indonesia. Kita harus bangga dengan tradisi sendiri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal KTA dan Mudahnya Melakukan Pinjaman di Tunaiku

Berbicara tentang peminjaman uang pada jaman sekarang ini tidak akan lepas dari yang namanya kredit tanpa agunan atau yang sering disingkat dengan KTA, semakin banyaknya minat menggunakan pinjaman dengan KTA merupakan hal yang cukup wajar, karena calon nasabah tidak perlu menggadaikan atau mempersiapkan suatu aset untuk jaminannya, apalagi sekarang ini sudah muncul kta tanpa kartu kredit.

Ada berbagai kebutuhan yang bisa dipenuhi jika menggunakan KTA, misalnya seperti

Modal Usaha Tidak sedikit pengusaha yang menggunakan jasa ini untuk menambah modal usahanya dikarenakan kelebihannya yang tidak membutuhkan aset untuk peminjaman. Pastinya ini akan sangat cocok bagi Anda yang baru memulai usaha dan membutuhkan modal. Hanya saja satu hal yang perlu diingat, peminjaman dengan cara ini memiliki bunga tersendiri, jadi pastikan sebelumnya jika pendapatannya bisa untuk cicilan KTA setiap bulannya.

Sebagai Dana Darurat KTA juga memiliki kelebihan berupa pencairan dana yang lebih cepat dibandingkan p…

Rangkaian Perawatan Kulit untuk Kulit Sensitif dari Cetaphil Indonesia

Melakukan perawatan kulit untuk kulit sensitive adalah bukanlah hal yang mudah. Karena berbagai macam produk perawatan kulit yang dijual dipasaran sangat sulit untuk disesuaikan dengan kulit sensitif. Memiliki kulit seperti ini tentunya perlu perawatan khusus agar wajah terhindar dari berbagai macam masalah, salah satunya adalah jerawat. Terlalu sering berganti produk dan perawatan kulit yang berlebihan adalah salah satu faktor penyebab kulit menjadi sensitif. Sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit yang memang bisa digunakan untuk kulit kamu yang sensitive seperti produk dari cetaphil Indonesia. Produk cetaphil Indonesia adalah produk yang aman untuk digunakan semua jenis kulit. Mulai dari kulit berminyak sensitif hingga kering cocok dan aman menggunakan produk cetaphil Indonesia. Salah satu pembersih yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit sensitif mu adalah cetaphil gentle skin cleanser. Produk ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki masalah sensitive pada kulit. Produk …

Tips Membuat Bioskop di Rumah

Jika Anda memiliki hobi untuk menonton film, apa salahnya mengubah ruangan di rumahAnda menjadi sebuah bioskop mini. Sehingga, ruangan tersebut dapat Anda gunakan untuk menonton film bersama dengan keluarga setelah beraktivitas seharian. Hal ini tentunya dapat mengurangi pengeluaran bulanan Anda bersama keluarga jika harus pergi ke bioskop yang bisa mencapai Angka Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per orang untuk tiap tiket bioskopnya. Akan lebih baik anda menginvestasikan uang anda untuk membuat bioskop pribadi rumah Anda. Selain menghemat, Anda juga dapat menonton film yang Anda sukai kapan pun Anda mau. Paling tidak, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membuat bioskop pribadi di rumah Anda. Berikut adalah tips membuat bioskop mini di rumah. Pilih Alat Elektronik Terbaik Agar mendapatkan suasana bioskop yang terbaik, Anda bisa memilih berbagai peralatan elektronik yang dibutuhkan yang memiliki kualitas terbaik. Belilah layar, proyektor, dan juga perlengkapan aud…